Minggu, 23 Januari 2011

Cara Melakukan Vegetatif Buatan : Merunduk


cuma buat info aja.. biar orang-orang yang nyari info ini gak senasip sama dgn ku, pusing 7 keliling soalnya nyari info tentang merunduk yg lengkap minim banget.. jd sekedar membantu aja.. wkkwkw :D

Merunduk / Menunduk

Merunduk (layering) adalah proses pembiakan vegetative buatan yang dilakukan pada tumbuhan bercabang panjang dengan merundukkannya ke tanah. Jadi, batang tanaman itu ditundukkan ke tanah agar dapat berkembangbiak. Tetapi, kita harus menimbun batang tanaman dengan tanah. Dari ruas-ruas batang tanaman tersebut akan tumbuh akar dan menjadi tanaman yang baru.

Syarat merunduk:
1) Bercabang panjang
2) Bercabang lentur
3)
Cabangnya dekat dengan tanah

Merunduk juga dapat dilakukan dengan dua cara . Yaitu dengan cara Merunduk biasa dan Merunduk majemuk .

o Merunduk biasa : Cabang tanaman dirundukkan dan ditimbun dengan tanah, kecuali ujung cabangnya. Setelah membentuk akar, cabang atau batangnya dipotong, sehingga diperoleh tanaman baru. Cara ini dapat dikerjakan pada mawar, jambu air, dan arbei

o Merunduk majemuk : Seluruh batang dirundukkan kemudian ditimbuni tanah pada beberapa tempat atau seluruh tempat. Cara ini dapat dikerjakan pada tanaman soka dan anggur .

Prosedur Pengamatan :

Ø Kelompok kami melakukan kegiatan dengan cara merunduk biasa:

Cabang tanaman dirundukkan,kecuali ujung cabangnya,hingga masuk ke dalam (atau ditimbun) tanah.setelah terbentuk akar maka ruas-ruas batang yang telah berakar tersebut dipotong dari pohon induknya dan dapat dibawa ke tempat lain.

Ø Alat dan Bahan :

1. Tumbuhan yang dapat dirundukkan (melati,arbei,jambu air,mawar,apel)

2. Pot

3. Tanah

4. Pupuk

5. Air

6. Pisau/cutter

Ø Cara Kerja :

1. Pilih batang tanaman yang sudah tua, kuat dan panjang.

2. Kerat bagian kulit batangnya seperti pada mencangkok.

3. Bengkokkan batang tanaman dengan sedikit dari bagian tengahnya menyentuh tanah.

4. Tahan batang tanaman tadi dengan cara mengubur bagian batang yang menyentuh tanah dan diatasya diberi pemberat.

5. Biarkan selama beberapa hari sambil menyiram gundukan tanah tersebut setiap hari.

6. Setelah akar dari bagian tengah batang tadi muncul, pisahkan tanaman baru dari tanaman induk dengan memotong batang tanaman baru bagian bawah.

7. Tanaman baru siap dipindahkan ke media tanam.

  • Keuntungan merunduk :

- sifat buah/bunga sama dgn induknya, dpt mhasilkan individu br dgn cepat.

- Tingkat keberhasilan tinggi.

  • Kerugian merunduk :

- Tidak banyak bibit yang dihasilkan.

- hanya bs dilakukan pd tanaman yg dahannya elastis & cukup dekat dgn permukaan tanah, tdk dpt dilakukan pd tanaman yg relatif besar.


  • tips :

- Usahakan penyiraman tanaman tersebut dilakukan sehari sekali atau melihat kondisi. Apabila media masih basah tidak perlu disiram. Secara umum, pada musim kemarau kondisi media cenderung lebih cepat mengering, sehingga perlu penyiraman lebih intensif. Begitu juga sebaliknya, pada saat musim hujan media cenderung lebih lembab, dan penyiraman dilakukan bila perlu.

3 komentar: